SOP PAUD PIAUD TK, SOP bermain motorik kasar, SOP mencuci tangan, SOP makan, SOP membaca buku untuk anak, SOP P3K pertama, SOP Pembukaan kegiatan harian, SOP penataan alat main, SOP penyambutan kedatangan anak, SOP Peralatan lingkungan main, SOP pijakan sebelum main, SOP pijakan selama main, SOP pijakan setelah main, SOP sikat gigi, SOP Toileting,
SOP PAUD-PIAUD-TK
Standar Operasional Pekerjaan atau yang biasa disebut dengan SOP merupakan hal yang lumrah bilamana diberlakukan atau dibuat dalam suatu lingkungan lembaga pendidikan anak usia dini. SOP dalam berbagai bidang pekerjaan tentulah bukan sesuatu yang baru, melainkan SOP adalah sesuatu yang sering ditemui didepan pekerjaan, maksudnya bilamana kita akan menjalankan suatu jenis pekerjaan atau bidang pekerjaan tertentu, pasti akan diberitahukan tentang SOP yang akan dilaksanakan dalam bidang pekerjaan tersebut.

Lembaga pendidikan anak usia dini yang didalamnya terdapat guru atau pendidik yang menjalankan profesi atau pekerjaan sebagai guru juga tentu ada SOP yang berlaku. Guru dalam melaksanakan tugasnya tidak serta merta hanya mengajar di depan kelas semata, melainkan lebih dari itu. Namanya saja sudah pendidik, tentulah tidak hanya mengajar, melainkan juga mendidik.

Lembaga PAUD biasanya juga didapati menggunakan atau membuat semacam SOP PAUD pada lembaga PAUD nya masing-masing. SOP PAUD-PIAUD ini dimaksudkan untuk mengarahkan pekerja yang dalam konteks ini adalah guru, untuk senantiasa menjalankan pekerjaannya sesuai dengan peraturan dan arahan yang berlaku. Dengan demikian, tujuan suatu pekerjaan akan tercapai, dan dengan begitu pulalah tujuan kelompok atau lembaga berpeluang untuk tercapai.

Pentingnya atau tidaknya SOP PAUD-PIAUD ini adalah hal yang perlu untuk dijawab. Sebab, bilamana suatu lembaga itu tidak menjawab akan hal ini, bagaimana mungkin bisa terlaksana dengan baik? Terlebih dahulu perlu untuk menjawab agar nantinya selama penerapan SOP PAUD-PIAUD ini senantiasa berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Oleh sebab itu, SOP PAUD-PIAUD ini dianggap sangatlah penting.

Dalam keberlangsungannya, SOP PAUD-PIAUD ini juga turut dibuatkan semacam dokumen, tidak hanya sebatas perkataan atau perintah semata tanpa adanya pertinggal dokumen pasti yang dapat dibuktikan secara fisik. Oleh sebab itu, pengelola PAUD-PIAUD haruslah menyiapkan sebuah dokumen sebagai rujukan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pada akhirnya nanti, kegiatan ini akan bermuara pada evaluasi. Pada tahapan evaluasi inilah segala dokumen itu diperlukan. Untuk itu, terkhusus bagian SOP PAUD-PIAUD ini, dirasa sangatlah perlu untuk dibuatkan semacam dokumen fisik yang dapat dibuktikan dan dapat dijadikan bahan evaluasi demi perbaikan tujuan lembaga pada masa yang akan datang.

Berikut ini akan disajikan berbagai SOP PAUD-PIAUD yang diperlukan dalam satuan lembaga PIAUD-PAUD, diantaranya yaitu:
  1. SOP bermain motorik kasar
  2. SOP mencuci tangan
  3. SOP makan
  4. SOP membaca buku untuk anak
  5. SOP P3K pertama
  6. SOP Pembukaan kegiatan harian
  7. SOP penataan alat main
  8. SOP penyambutan kedatangan anak
  9. SOP Peralatan lingkungan main
  10. SOP pijakan sebelum main
  11. SOP pijakan selama main
  12. SOP pijakan setelah main
  13. SOP sikat gigi
  14. SOP Toileting
SOP PAUD-PIAUD-TK di atas merupaan SOP yang dirasa cocok untuk diterapkan dalam lingkungan lembagga PAUD-PIAUD-TK. Dengan adanya SOP PAUD-PIAUD-TK di atas, maka diharapkan selama keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah, akan terlaksana sesuai dengan rencana dan terlihat lebih matang. Oleh sebab itu, suatu lembaga PAUD-PIAUD-TK bisa menerapkan hal yang demikian itu, dan dapat juga mengolah atau memodifikasi file-file di atas, sesuai dengan kebutuhan lembaganya masing-masing.